ad

 

MEDAN ,Ina- Anggota DPRD Sumut Sopar Siburian SH.MH mengaharapkan, 25 pejabat setingkat eselon II yang baru dilantik Plt Gubsu Gatot Pudjonugroho dapat memperkuat kabinet Pemropsu dalam mewujudkan visi misi Syampurno ‘rakyat tidak lapar, tidak sakit, tidak bodoh dan punya masa depan’.

“Rakyat menaruh harapan besar terhadap pejabat eselon II Pemprovsu yang baru dilantik kemarin. Apalagi pengangkatannya sudah menggambarkan prinsip professional, proporsional dan loyalitas”, kata Sopar Siburian  kepada wartawan, Rabu (4/7) di gedung dewan, terkait dengan pergantian pejabat setingkat eselon II di jajaran Pempropsu oleh Plt Gubsu Gatot Pujonugroho, Selasa (3/7) di Kantor Gubsu.

 

Para pejabat baru tersebut kata politisi Partai Demokrat yang duduk di Komisi A DPRD Sumut itu, akan menjadi modal dan perekat bagi Plt Gubsu dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan guna mensejahterakan rakyat.

“Kita yakin ke-25 pejabat Pempropsu yang baru itu dapat memberikan harapan baru bagi rakyat yang sudah tak sabar melihat ketertinggalan Sumut dari daerah lain. Sebab pelantikan Pejabat Eselon II dan Staf ahli itu dilakukan agar organisasi Pempropsu bisa  lebih dinamis dan kompak,” ujarnya.

Menurut Sopar, Plt Gubsu Gatot Pudjonugroho  melantik 25 pejabat eselon II itu merupakan salah satu upaya mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat. “Upaya ini tentunya bisa berjalan dengan baik, jika seluruh jajaran birokrasi di Pempropsu  bekerja secara profesional dan bertanggung jawab, serta mengedepankan prinsip-prinsip good governance,” ujarnya lagi.

Karena itu, Sopar yang juga anggota dewan Dapil VIII Wilayah Tapanuli itu minta pejabat yang baru agar bisa melebihi capaian kinerja yang telah diraih pejabat sebelumnya, serta jangan menghianati jabatan yang diamanahkan dan sungkan bertanya atau berkonsultasi kepada pejabat-pejabat sebelumnya.

“Kita berharap pejabat baru bisa lebih meningkatkan kinerjanya sesuai dengan fungsi dan tanggung jawabnya masing-masing,” tegasnya.

Sopar juga berharap, ke-25 pejabat yang baru dilantik, baik sebagai kepala SKPD maupun kepala badan dan pemimpin BUMD harus bisa memberikan contoh yang baik serta menciptakan suasana kerja yang kondusif.

Dengan demikian, pemerintahan dibawah kepemimpinan Gatot Pujonugroho mengedepankan pemerintahan Good Goverment and Good Governance, yang didukung pejabat yang professional, bersih dan memiliki leadhersif yang tangguh.

Sopar Siburian menilai, komposisi ke-25 pejabat setingkat eselon II jajaran Pempropsu yang baru dilaktik tersebut sangat ideal dan merupakan gambaran dari prinsip professional, proporsional dan loyalitas. Hal ini  terlihat dari struktur dan posisi jabatan masing-masing yang sesuai dengan bidang dan keahliannya.

“Kita menyambut positip tindakan Plt Gubsu Gatot Pujonugroho melantik 25 pejabat setingkat eselon II jajaran Pempropsu,” ujarnya.

Dia menilai, tindakan Plt Gubsu Gatot sangat tepat  menempatkan orang-orang yang professional pada jabatan setingkat eselon II Pempropsu, sebagai bagian dinamisasi dari proses dalam organisasi birokrasi.

Seperti Eddy Sofian MAP yang ditempatkan di Kesbanglinmaspol, diyakini akan mampu merekam potensi konflik di Sumut secara dini. Hal ini tentu, menjadi kekuatan bagi Pempropsu dalam menghadapi dan mengatasi isu-isu konflik yang muncul kepermukaan.

“Eddy Sofian sangat pas di badan itu, karena dia piawai dalam membangun komunikasi politik dan pernah sukses memimpin lembaga Kominfo sebagai corong informasi pembangunan di Sumut. Begitu juga pejabat lainnya, sudah terbukti loyal, energik dan dinamis, seperti Bonar Sirait yang memegang jabatan Bakorluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, Bukit Tambunan menjadi Kadisnaker, Alexus Purba yang menjabat Kadis Sosial Sumut diyakini mampu memahami persoalan-persoalan sosial di Sumut,” ujarnya.

Dari figur-figur pejabat yang dilantik kemarin, anggota Fraksi Partai Demokrat itu yakin mereka orang-orang professional dan dapat berperan aktif menindaklanjuti keberhasilan reformasi birokrasi. Meliputi penataan organisasi, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) aparatur, penguatan pengawasan intern, penguatan akuntabilitas kinerja dan peningkatan kualitas pelayanan.(Rel/Ms)

Publish on July 5th, 2012 under Berita Utama by Redaktur | 2 Comments »

2 Responses to “Anggota DPRDSU, Sopar Siburian SH,MH: Pelantikan 25 Pejabat Eselon II Akan Perkuat Kabinet Pemprovsu”

  1. Jurike Waworuntu says:

    Semoga negara kita akan lebih maju…lagi….sejajar dengan perkembangan dunia…Pasti saya yakin itu…..

  2. Jurike Waworuntu says:

    Semoga negara kita akan lebih maju…lagi….sejajar dengan perkembangan dunia…Pasti saya yakin itu…..

ad